Workshop Madu Nasional Laos, 22-24 Mei 2018

Workshop Madu Nasional Laos diadakan pada tanggal 22-24 Mei 2018 bertempat di provinsi Xhing Khouang. Peserta yang hadir dalam workshop ini datang dari 15 provinsi di Laos dan juga perwakilan dari negara-negara sahabat seperti Indonesia, India, Kamboja dan Vietnam.

Untuk hari pertama diawali dengan Pembukaan workshop oleh wakil gubernur provinsi Xhing Khouang dan pejabat pemerintah dari pusat dan daerah. Setelah pembukaan di lanjutkan dengan share fair dimana setiap provinsi yang hadir memamerkan produk produk madu mereka termasuk juga undangan dari luar negeri seperti dari Indonesia yang di wakili oleh JMHI, Keystone dari India, Jaringan madu hutan kamboja dan dari Vietnam.

Ada berbagai macam produk yang dipamerkan dan terlihat setiap tahun selalu ada inovasi baru terutama dari Keystone India.

Setelah share fair di sore hari di lanjutkan dengan sharing pengalaman. Yang pertama presentasi dari Laos mengenai madu mereka. Untuk di Laos petani madu lebih banyak yang mengembangkan lebah dari Apis cerana.
Setelah itu presentasi pengalaman dari India mengenai pengalaman keystone di wakili oleh Dr. Leo dalam pengembangan madu d Nilgiris India, dilanjutkan dengan Vietnam diwakili oleh Dr. Chinh.

Sedangkan dari Indonesia diwakili oleh Hermanto berbagi pengalaman tentang madu hutan di Indonesia. Selanjutnya presentasi oleh Ibu Crissy mengenai jaringan regional, forest honey collective mark dan rencana Madhu Duniya tahun 2019 di Philipina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *