jmhi-The 8th ORGANIC, GREEN & HEALTHY EXPO OF INDONESIA

The 8th ORGANIC, GREEN & HEALTHY EXPO OF INDONESIA

Hari Rabu, 10 Oktober sampai minggu, 14 Oktober 2018 kemarin sekretariat Jaringan Madu Hutan Indonesia (JMHI) ikut meramaikan hajatan The 8th ORGANIC, GREEN & HEALTHY EXPO OF INDONESIA yang diselenggarakan di atrium Lippo Puri mall.

Berada di atrium 2, stand bernomor 100 ditempati JMHi yang menampilkan dan memasarkan produk produk madu hutan yang berasal dari beberapa anggota JMHI.

Icip Icip Madu Hutan

jmhi-8th-organic
menunggu konsumen datang

Di stand JMHI, pengunjung bisa mencoba beberapa jenis madu hutan dari anggota JMHI. Satu persatu mereka mencicipi madu berwarna coklat muda yang berasal dari danau sentarum, kalimantan barat. Setelah itu madu coklat tua yang berasal dari Riau. Beberapa pengunjung menyukai rasa manis buah beberapa lain menyukai yang agak sedikit pahit.

jmhi-8th-organic
silakan bu dicicip madunya

Madu hutan memang mempunyai beberapa macam warna dan rasa, tergantung sumber bunga dominan yang dikumpulkan oleh lebah hutan berjenis Apis dorsata ini. Bisa jadi di satu daerah yang sama, musim panen kali ini rasa dan warna nya berbeda dengan musim panen kemarin.

jmhi-8th-organic
sekretariat jmhi

Tapi madu hutan dari anggota JMHI dipastikan 100% asli. Para anggota kelompk petani madu JMHI juga sudah mendapatkan pelatihan proses paska panen tiris yang lebih higienis. Sehingga madu hutan yang mereka hasilkan tidak berkurang kualitasnya.

Petani madu hutan anggota JMHI juga mendapatkan pelatihan mengenai proses panen lestari. Dimana panen madu tidak memotong seluruh bagian sarang, tapi hanya mengambil bagian yang berisi madu dan menyisakan untuk keberlangsungan koloni lebah hutan Apis dorsata di masa mendatang.

Selain itu sekretariat JMHI juga berpartisipasi mengisi workshop di panggung atrium 2 pada hari jumat, dengan tema Indonesian Origin Honey | How it tastes & benefit – JMHI & Dorsata.

Workshop madu hutan

jmhi-8th-organic
persiapan workshop

Hermanto, direktur JMHi berbagi pengalaman tentang madu hutan dari anggota JMHi dan juga memberikan informasi tentang aplikasi madu hutan yang baru dirilis oleh sekretariat JMHI. Aplikasi madu hutan ini bisa didownload untuk sementara ini baru bisa dengan handphone berbasis android.

jmhi-8th-organic
Hermanto, direktur JMHI

baca juga : aplikasi madu hutan

jmhi-8th-organic
Tammy berbagi pengetahuan

Ibu Tammy, wakil direktur JMHI juga berbagi pengalaman seputaran pengelolaan madu hutan dari petani hingga bisa dinikmati konsumen.

Salah satu peserta bertanya mengenai madu yang bersemut sebagai indikator bukan madu asli. Tapi menurut Tammy, semut belum bisa dijadikan indikator apakah itu madu asli atau palsu karena tergantung sumber bunga yang dihasilkan. Ada beberapa sumber bunga yang menarik semut untuk datang, tapi ada juga yang tidak terlalu di suka semut. Bukti lain di waktu panen terkadang bisa kita jumpai semut yang berada di sarang lebah.

jmhi-8th-organic
ini dari mana madunya ?
jmhi-8th-organic
masih banyak kok, jangan takut kehabisan
jmhi-8th-organic
boleh pilih yang dari mana
jmhi-8th-organic
icip icip

Beberapa pengunjung yang hadir juga diberi kesempatan untuk mencicipi madu hutan dari sumbawa, kalimantan, flores, sumatera dan jawa.

jmhi-8th-organic
jmhi-8th-organic

jmhi-8th-organic

Untuk beberapa peserta yang beruntung mendapatkan door prize berupa produk madu hutan, MADUTAN yang diproduksi oleh Dian Niaga Jakarta.

jmhi-8th-organic
Madu Hutan Flores

Di event kemarin banyak stand lain juga yang menawarkan produk produk madu hutan dan hasil alam lain seperti kopi, jamu, dan produk produk herbal dan kecantikan.

One thought on “The 8th ORGANIC, GREEN & HEALTHY EXPO OF INDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *