Pengambilan Sampel Madu Hutan di Konsesi PT. Alam Bukit Tigapuluh Jambi

Pengambilan Sampel Madu Hutan di Konsesi PT. Alam Bukit Tigapuluh Jambi

Pengambilan sampel madu hutan di area konsesi PT. Alam Bukit Tigapuluh (ABT) di lakukan di desa Suo Suo Kecamatan Sumai Kabupaten Tebo Jambi. Pengambilan sampel yang dilakukan pada tanggal 05 – 07 April 2018 dilakukan untuk kedua kalinya. Pengambilan sampel adalah untuk tindak lanjut rencana kerja sama PT. ABT dengan Systemic Earth dan JMHI dalam rencana pemasaran produk madu hutan dari area konsesi PT. ABT. Dalam pengambilan sampel madu hutan ini kami (Saya, Aruna dan Evelyn) di temani oleh pak Raffi dari PT. ABT dan masyarakat desa Suo Suo.

Pengambilan Sampel Madu Hutan di Jambi Pengambilan Sampel Madu Hutan di Jambi

Hari pertama kegiatan yaitu langsung kunjungan ke lapangan ke dalam hutan di area konsesi PT. ABT untuk melihat secara langsung sarang – sarang lebah hutan di pohon – pohon sialang dan bunga nectar yang ada saat ini yaitu bunga dari pohon durian dan ada beberapa bunga dari pohon – pohon lain.

Pengambilan Sampel Madu Hutan di Jambi Pengambilan Sampel Madu Hutan di Jambi Pengambilan Sampel Madu Hutan di Jambi Pengambilan Sampel Madu Hutan di Jambi Pengambilan Sampel Madu Hutan di Jambi Pengambilan Sampel Madu Hutan di Jambi

Hari kedua yaitu pemanenan madu hutan, pemanenan madu hutan ini dilakukan oleh lima orang dimana satu orang pemanen dan empat orang menunggu di bawah. Ada dua pohon sialang yang di panen dengan total sarang sebanyak 15 sarang. Madu tersebut berwarna kuning cerah dengan kadar air 26% dan rasa manis. Setelah proses tiris dan pengemasan selesai kami (Saya, Aruna dan Evelyn) langsung berangkat kembali ke Jambi untuk perjalanan pulang ke tempat masing – masing besok harinya.

Penulis : Hermanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *