Pembahasan Sertifikasi dan Ekolabel Swadeklarasi Madu

12 September 2017, Sekretariat Jaringan Madu Hutan Indonesia (JMHI) berkunjung ke gedung Manggala Wana Bakti di Jakarta. Rencana pagi ini sekretariat JMHI akan bertemu dengan teman-teman dari Pusat Standarisasi Lingkungan dan Kehutanan untuk membahas mengenai SNI madu dan penyiapan perangkat sertifikasi.

Sekretariat JMHI diwakili ibu Tammy, Deasy, Hermanto dan Widhi sedangkan dari Pusat Standarisasi Lingkungan dan Kehutanan diwakili oleh kepala pusat, bapak Noer Adi Wardojo M, Sc dan beberapa staff ahli.

pembahasan ekolabel madu
pembahasan ekolabel madu

Dalam rangka penerapan ekolabel swadeklarasi untuk produk madu, perlu penyiapan perangkat penerapan sesuai Permenlh no 2 tahun 2014 tentang pencantuman logo ekolabel dan pedoman lembaga verifikasi ekolabel (LVE).

Pertemuan di awali dengan presentasi dari Pusat Standarisasi Lingkungan dan Kehutanan mengenai penyiapan perangkat sertifikasi.

Seperti kita ketahui saat ini ada dua SNI tentang madu, SNI 3545:2013 tentang Madu dari sisi mutu, pengemasan dan penandaan. dan SNI 7899:2013 tentang pengelolaan madu sebagai bahan baku.

pembahasan ekolabel madu
suasana pertemuan

Skema ekolabel yang dibahas dalam pertemuan adalah ekolabel swadeklarasi tipe 2 yang berguna untuk usaha skala kecil (UMKM). Dan sepertinya kalau memang bisa diaplikasikan untuk para produsen madu, baik madu budidaya maupun madu hutan akan sangat membantu untuk paling tidak menyaring mana produsen madu yang sudah menerapakan beberapa langkah-langkah yang sesuai dengan aturan dasar yang nantinya akan disepakati bersama.

prosedur ekolabel swadeklarasi
klaim aspek lingkungan + bukti
LVE teregistrasi KLHK
Penerbitan rekomendasi ekolabel swadeklarasi
Pencantuman logo ekolabel swadeklarasi oleh pemegang registrasi.

Nanti pada pertemuan Jaringan Madu Hutan Indonesia, hari pertama, 14 September, team dari Pusat Standarisasi Lingkungan dan Kehutanan akan berkenan untuk datang dan memberikan presentasi mengenai ekolabel swadeklarasi untuk teman-teman anggota Jarigan Madu Hutan Indonesia. Jadi silakan kalau ada yang punya pertanyaan seputaran sertifikasi dan ekolabel swadeklrasi bisa nanti ditanyakan langsung.

pembahasan ekolabel madu
foto bersama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *