Pelatihan Peningkatan Kualitas Produksi Madu Hutan

Tanggal 23 – 24 September kemarin, beberapa anggota JMHi, terutama yang mempunyai tanggung jawab dalam produksi madu di masing-masing kelompok, mengikuti pelatihan peningkatan kualitas produksi madu hutan.

Hari pertama pelatihan diisi dengan materi dari beberapa narasumber. Dari BPOM materi mengenai “bagaimana cara mengolah industry pangan (madu) dengan baik dan benar”. Dari Pusat Standarisasi dan Lingkungan  materi mengenai “Apa itu standar nasional Indonesia, mengapa dan apa keuntungannya” serta materi dari Aliansi Organis Indonesia mengenai “ Participatory guarantee system atau PAMOR Indonesia”.

IMG_4623_tn

IMG_4618_tn

IMG_4611_tn

Setelah itu para peserta pelatihan produksi mengunjungi tempat produksi dan pengemasan madu hutan di Dian Niaga Jakarta. Hari pertama pelatihan ditutup dengan tugas masing-masing kelompok untuk menentukan kebutuhan-kebutuhan peralatan produksi yang nantinya akan dicari dan dibeli ketika kunjungan lapangan ke Glodok hari kedua.

Hari kedua, peserta pelatihan diajakan untuk melihat beberapa gerai penjualan madu hutan yang memasarkan produk-produk madu JMHI secara nasional. Para peserta diharapkan bisa mengamati bagaimana peran strategis outlet-outlet penjualan untuk mendukung pemasaran. Setelah itu para peserta diajak untuk melihat lokasi penjualan beberapa alat pendukung untuk kegiatan produksi di beberapa tempat di Glodok.

Semoga dengan pelatihan peningkatan kualitas produksi selama dua hari ini, diharapkan dari pelatihan ini adalah kelopok petani madu hutan terutama yang berkerja di unit produksi dan pengolahan produksi memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengemas dan menjaga kualitas produk petani madu hutan sesuai dengan standar mutu madu hutan nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *