Jmhi Menjadi Narasumber Dalam Jambore Masyarakat Gambut 2018

text & foto : Hermanto – Direktur JMHI

Jambore Masyarakat Gambut dilaksanakan di Banjarbaru, Kalimantan Selatan dilaksanakan dari tanggal 28 – 30 April 2018 dengan mengangkat tema yaitu “Pulihkan Gambut, Pulihkan Indonesia”. Jambor masyarakat gambut ini di adalah acara dari Badan Restorasi Gambut (BRG) serta mitra – mitranya. Jambore Masyarakat Gambut adalah forum untuk mewadahi pertukaran pengetahuan, peningkatan kapasitas, penguatan jejaring dan penyampaian informasi kebijakan pembangunan di areal prioritas restorasi gambut, juga merupakan sarana pemantauan pelaksanaan restorasi gambut oleh masyarakat.

Jambore ini dihadiri oleh kurang lebih 2,000 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia. Jaringan Madu Hutan Indonesia (JMHI) diberi kesempatan untuk hadir sebagai narasumber di sesi pleno pada hari ketiga yaitu tanggal 30 April 2018. Dalam Jambore Masyarakat Gambut ada tiga paparan kunci yang di bahas dalam acara pleno yaitu 1) Restorasi Gambut, Pembangunan Daerah dan Desa, 2) Penguatan Hak dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Gambut serta 3) Prospek Bisnis Produk – Produk Gambut.

Untuk sesi pleno prospek bisnis produk – produk gambut dilaksanakan di hari ke tiga dengan empat narasumber yaitu Deputi Satu BRG berbicara mengenai Skema Investasi dan Kerjasama Ekonomi di Lahan Gambut, Deputi Empat BRG berbicara mengenai Prospek Paludikultur Lahan Gambut, JMHI di wakili oleh Direktur JMHI Hermanto berbicara mengenai Peluang Bisnis Madu Hutan di Indonesia serta ibu Helianti Hilman CEO dan Founder Javara berbicara mengenai Peluang Bisnis Produk Olahan Pertanian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *