Forum Bisnis Temu Usaha Perhutanan Sosial Tingkat Nasional

Forum Bisnis Temu Usaha Perhutanan Sosial Tingkat Nasional

Hari ini hingga besok, 29 – 30 November 2018, Sekretariat JMHI mendapat undangan untuk mengikuti forum bisnis mengenai pemasaran produk perhutanan sosial. Tujuan diadakan forum bisnis ini antara lain untuk mensosialiasikan kegiatan perhutanan sosial, peningkatan kewiraswataan KPH, informasi pengembangan produk, informasi potensi dan peluang pasar serta membangun jejaring komunitas di antara perhutanan sosial.

Forum Bisnis Temu Usaha Perhutanan Sosial Tingkat Nasional

Acara akan diisi dengan paparan dan diskusi dari beberapa pihak yang berhubungan dengan produk perhutanan sosial, mulai dari para pelaku usaha, dinas terkait, kementrian, pemodalan dan para pelaku usaha.

Forum Bisnis Temu Usaha Perhutanan Sosial Tingkat Nasional

Setelah pembukaan dan paparan kebijakan pengembangan usaha perhutanan sosial dan pembukaan acara, beberapa narasumber dari KPH Limau (mereka menyebut dengan nama LIMA-U), KPH Rinjani Barat dan Ketua kelompok tani berbagi cerita suka duka mereka membangun produk, dari yang belum bernilai menjadi sesuatu yang berharga.

Setelah itu giliran narasumber dari para pengusaha, PT HRL Internasional, PT Sinkona Indonesia Lestari, IDH berbagi cerita seputar pemasaran produk. Bagaimana produk yang mau dipasarkan harus sesuai dengan standar yang berbeda untuk masing masing kategori. Bagaimana supply chain mapping dibutuhkan memastikan produk sudah didesign untuk sesuai dengan kebutuhan pasar, dan bagaimana pentingnya mempunyai kelembagaan yang bankable.

Forum Bisnis Temu Usaha Perhutanan Sosial Tingkat Nasional

Setelah jeda acara berlanjut hingga pukul sembilan malam, membahas mengenai permasalahan yang dihadapi beberapa KPH. Bagaimana mereka yang institusi juga harus beradaptasi mempunyai jiwa bisnis. Bagaimana cara memasarkan produk produk perhutanan sosial yang sebenarnya berpotensi besar tapi terkendala karena lokasi yang jauh, biaya transportasi yang mahal, hingga muncul pertanyaan, kami produk ada, tapi pembeli tidak ada.

Forum Bisnis Temu Usaha Perhutanan Sosial Tingkat Nasional

Memang masalah utama yang dihadapi adalah permodalan untuk membeli produk dari komunitas dan juga bagaimana melakukan pemasaran untuk mencapai pembeli dengan kapasitas yang sesuai.

Masih ada pertemuan besok, semoga dari temu bisnis perhutanan sosial kali ini, bisa didapat sesuatu yang bermanfaat untuk diaplikasikan kepada komunitas di masing-masing KPH. Karena dengan masyarakat berdaya, hutan terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *