Festival Geografis Indonesia

sumber : Julmasyah – JMHS

Sejarah kolonialisasi era sebelum merdeka adalah sejarah rempah-rempah. Karena rempah lah penjajahan secara nyata terjadi. Kopi, kayu manis, teh, cengkeh, pala, lada, madu dll adalah komoditi masyarakat Indonesia. Untuk itu diera perdagangan bebas, era post kolonial wajah dan bentuk rupa penjajahan ekonomi bisa muncul dalam banyak bentuk.

Instrumen hukum untuk perlindungan komoditi rempah Indonesia dalam bentuk Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) melalui Indikasi Geografis – IG (geografic indication). Instrumen IG ini dipayungi oleh UU, Peraturan Pemerintah hingga Permenkum HAM.

Madu hutan Sumbawa salah satu komoditi kebanggaan masyarakat Sumbawa telah mendapat perlindungan hukum dengan pemegang HAKI Indikasi Geografis sejak 2011 adalah Jaringan Madu Hutan Sumbawa (JMHS). Mendapat pengakuan ini tidak mudah. Melewati review dokumen yg diajukan dan dinilai oleh Tim Kemenkum HAM.

Festival Indikasi Geografis akan diselenggarakan pada Sabtu, 8 Desember 2018 di Hotel Pullman Jakarta dan Tribeca Park, Central Park, Jakarta. Dimulai pukul 10.00-selesai. Kami menantikan kehadiran Anda, Salam Kreatif!

Ayo ke Central Park Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *