Pelatihan pembuatan keju mozarela – bee bread

Salah satu materi pelatihan produk turunan dari bee bread adalah pembuatan keju mozarela. Para peserta pelatihan mendapatkan ilmu baik berupa teori maupun praktek. Diharapkan nantinya para peserta pelatihan bisa mempraktekan ilmu yang mereka pelajari selama pelatihan dan bisa juga membagikan pengetahuan mereka kepada teman-teman lain di kelompok mereka.

Kebutuhan keju di Indonesia terus meningkat. Dari data tahun 2002, konsumsi keju nasional sekitar 8000 ton per tahun, meningkat 20% dibanding tahun 2001. (Rakhman, 2010). Sedangkan tahun 2013, konsumsi keju mencapai sekitar 19.000 ton per tahun (BPS, 2013). Sedangkan kebutuhan keju sebagian dipenuhi dengan cara di import.

Tahun 2013, impor keju Indonesia dari Amerika Serikat yaitu sebesar 2.726 ton (Pusdatin, 2013). Impor keju terus meningkat sebesar 5,96% per tahun (Yongki, 2009). Selain itu harga keju termasuk cukup mahal. Perbandingan 1 kg keju mozzarella sama dengan harga 10 L susu.

Keju substitut merupakan salah satu alternatif solusi untuk menekan kebutuhan impor dan mahalnya harga keju. Pembuatan keju substitut lebih efektif dari segi biaya dan waktu. Tapi, menurut Guirguis et al, 1985, permasalahan lain yang dihadapi adalah kandungan protein yang terkandung dalam keju substitut tidak sebesar pada keju alami.

Pelatihan pembuatan keju mozzarella dengan menggunakan bee bread sebagai salah satu bahan sumber protein. Kandungan protein serbuk sari (termasuk peptones tertentu dan gloculins) berkisar 10-35 %, dengan rata-rata rata-rata 20 %. 40 Р50% asam amino bebas. Asam-asam amino yang ditemukan dalam serbuk sari kering antara 10 dan 13 % (Mustakim).

Bekerja sama dengan Dr Muhamad Sahlan dari Universitas Indonesia, Jaringan Madu Hutan Indonesia mengadakan pelatihan pengembangan produk turunan dari bee bread. Salah satunya adalah pemanfaatan bee bread sebagai salah satu sumber protein untuk madu mozzarela. Dengan pelatihan ini diharapkan anggota JMHI mempunyai beberapa produk baru yang dihasilkan dari lebah hutan.

praktek-jmhi-beebread-9 praktek-jmhi-beebread-8 praktek-jmhi-beebread-7 praktek-jmhi-beebread-6 praktek-jmhi-beebread-5 praktek-jmhi-beebread-4 praktek-jmhi-beebread-2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *