Bimbingan Teknis Ekolabel Swadeklarasi Madu Hutan di Desa Taman Jaya, Kecamatan Sumur Pandeglang Banten Ujung Kulon

Bimbingan Teknis Ekolabel Swadeklarasi diselenggarakan oleh Pusat Standarisasi Lingkungan (Pustanling) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berkerja sama dengan JMHI, Perhimpunan Hanjuang Mahardikan Nusantara (PHMN) dan Kelompok Tani Madu Hutan Ujung Kulon (KTMHUK). Sertifikat Ekolabel Swadeklarasi dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Pertemuan di selenggarakan pada tanggal 3 Mei 2018 di kantor seksi 1 Panaitan Balai Taman Nasional Ujung Kulon di Taman Jaya. Dalam bimbingan teknis ini ada sebanyak 50 orang peserta yang hadir baik dari Pustanling, Balai Taman Nasional Ujung Kulon, JMHI sekretariat, PHMN dan KTMHUK.

Sertifikat ini merupakan sertifikasi produk dengan klaim aspek lingkungan yang dapat dimiliki oleh produsen, distributor, retail, importir dan pihak lain yang mungkin memperoleh manfaat dari klaim tersebut. Skema Ekolabel Swadeklarasi adalah skema pengakuan terhadap upaya pengelolaan lingkungan dalam kegiatan produksi melalui penilaian oleh pihak ke tiga dalam hal ini adalah lembaga verifikasi ekolabel atau LVE. LVE yang dapat melakukan verifikasi adalah lembaga independen yang telah memenuhi syarat dan telah terdaftar di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Ekolabel swadeklarasi bertujuan untuk mendorong praktek produksi yang berkelanjutan sekaligus memberikan informasi kepada konsumen sehinggga konsumen memliki pilihan untuk menggunakan produk- produk yang ramah lingkungan. Untuk madu hutan klaim yang dapat dilakukan adalah Panen Lestari dan Paska Panen yang Higienis. Ekolabel Swadeklarasi mengangkat klaim ini karena sebagai upaya untuk menjaga kelestarian hutan dan memiliki manfaat untuk ekonomi masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *