Agenda Pertemuan Tahunan XII Jaringan Madu Hutan Indonesia.

Jaringan Madu Hutan Indonesia (JMHI) didirikan pada tahun 2005 dengan tujuan untuk forum komunikasi, saling berbagi pengalaman dalam pengelolaan dan pemanfaatan lebah dan madu hutan yang baik mulai dari proses pemanenan, proses paska panen, penyimpanan, pengemasan sampai kepada pemasaran. JMHI sendiri memiliki visi untuk melindungi dan melestarikan hutan sebagai habitat lebah hutan dengan menggunakan pengelolaan dan pemanfaatan lebah hutan dengan cara lestari dengan menggunakan kearifan lokal, meningkatkan jaminan kualitas yang murni dan higienis untuk peningkatan pendapatan masyarakat petani pemburu madu hutan dan masyarakat umum lainnya.

beberapa produk madu dan turunan dari anggota jmhi
beberapa produk madu dan turunan dari anggota jmhi

Dalam rentan waktu selama dua belas tahun perjalannya JMHI telah berupaya membangun jaringan untuk pengelolaan madu hutan di sejumlah provinsi di Indonesia mulai dari Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Banten. Setiap tahunnya JMHI terus berupaya untuk dapat menambah anggota jaringan baru di provinsi-provinsi lain yang memiliki potensi penghasil madu hutan. Hal ini dilakukan karena semakin banyak masyarakat atau kelompok petani pemburu madu hutan yang terlibat dalam jaringan ini maka akan semakin luas dampaknya baik dalam hal meningkatkan pendapatan masyarakat dari madu hutan, pengelolaan dan pelestarian hutan sebagai habitat lebah hutan juga semakin luas.

Selain itu selama dua belas tahun perjalannya jaringan ini telah berhasil dalam membangun pasar baik ditingkat nasional dan lokal daerah masing-masing anggota, bermitra yang sangat baik dengan pemerintah pusat dan daerah. Di tingkat internasional, JMHI juga bermitra aktif dengan para penggiat dan petani madu hutan ditingkat asia tenggara dan asia selatan.

pertemuan jmhi x
pertemuan jmhi x

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh JMHI adalah pertemuan tahunan JMHI yang dilaksanakan hampir setiap tahunnya. Pertemuan tahunan JMHI ini adalah sebagai media untuk membahas hal- hal yang berhubungan dengan organisasi JMHI dan anggota, mendiskusikan hasil penelitian tentang madu dan lebah serta membicarakan mengenai trend-trend pasar dan lainnya selain itu pertemuan ini adalah wadah tertinggi jaringan ini untuk pengambilan keputusan serta pergantian kepengurusan secretariat JMHI dilakukan dalam pertemuan tahunan ini.

Pertemuan tahunan XII akan diselenggaraan pada tanggal 14-16 September 2017 di Jakarta dengan agenda utama sharing informasi dan aktivitas anggota di masing-masing wilayah. Laporan pertanggungjawaban pengurus periode 2013-2017, memilih dan mengesahkan kepengurusan sekretariat JMHI periode 2017-2021 dan membuat rencana garis besar JMHI 4 tahun ke depan.

pertemuan jmhi xi
pertemuan jmhi xi

Semoga pertemuan tahunan JMHI ke XII nantinya akan memberikan dampak positif untuk perkembangan anggota Jaringan Madu Hutan Indonesia dan semakin banyak yang ikut merasakan manfaatnya.

 

Hutan Lestari, Madu Terjaga, Masyarakat Sejahtera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *